Breaking News
Loading...
Jumat, 13 Desember 2013

ENAM LANGKAH MENENTUKAN TUJUAN DALAM HIDUP

Jumat, Desember 13, 2013


ENAM LANGKAH MENENTUKAN TUJUAN DALAM HIDUP
Semua orang didunia ini pasti memimpikan sebuah kesuksesan dalam hidup. Gak peduli apapun yang dikerjakan oleh seseorang sukses ialah tujuan utama. Bisa jadi soal mengurangi berat badan atau dalam karier, dan langkah pertama dalam meraih sukses ialah menetapkan tujuan yang jelas. Banyak orang mengerjakan sesuatu, tapi gak mendapatkan kesuksesan dan hanya karena tujuan yang kurang jelas. Banyak juga seseorang gak merancang tujuannya karena mereka bahkan gak memiliki gagasan dari mana harus memulainya. Jika anda termasuk yang seperti ini, berikut beberapa tips yang akan dapat membantu anda guna menemukan dari mana harus memulai dan merancang tujuan tersebut.
1.      Mulai dari bermimpi dan menuliskan impian anda.
Pertama ialah jika anda ingin merancang sebuah tujuan anda mesti meluangkan waktu untuk membangun sebuah impian. Jika anda gak memiliki impian, akan sulit untuk menentukan tujuan dalam hidup anda. Sayangnya kebanyakan orang yang kehilangan kemampuan untuk bermimpi tentang apa yang paling diinginkan dan membangun motivasi untuk pencapaian. Jadi untuk memulainya luangkan waktu untuk bermimpi mengenai apa yang paling anda inginkan, dan anda ingin seperti apa, atau bahkan mengenai apa yang ingin anda miliki. Begitu anda menemukan impian anda, selanjutnya tuliskan semuanya dalam kertas.
2.      Tanya kenapa ?
Setelah anda menuliskan semua impian anda, baca sekali lagi apa yang telah anda tulis. Saat membacanya kembali, berhentilah pada setiap impian dan tanyakan kenapa anda mengimpikannya ? Kenapa impian ini penting buat anda ? jika anda gak dapat menjawabnya dalam beberapa kalimat, kemungkinan itu bukan hal yang benar-benar anda impikan, dan akhirnya harus anda coret dari daftar.
3.      Bernarkah ini tujuan anda ?
Banyak orang yang sebenarnya punya impian yang dibentuk oleh orang lain. Jadi penting untuk menemukan apa bener apa yang ingin anda capai ialah tujuan anda atau tujuan orang lain. Saat merancang tujuan, jika ternyata impian dan tujuan tersebut bukan yang anda inginkan coret saja dari daftar.
4.      Temukan bagaimana tujuan yang akan mempengaruhi kehidupan anda.
Temukan bagaimana tujuan ini akan mempengaruhi kehidupan anda. Setelah anda membuat daftar yang benar mengenai impian anda, lihat kembali apa yang tertinggal. Masukkan impian yang tertinggal ini kedalam daftar dan pikiran bagaimana ini akan membawa pengaruh dalam hidup anda. Apakah mencapai tujuan ini akan membuat anda lebih bahagia dari pada sekarang ? akankah memperbaiki rasa aman dan hubungan anda, sebaiknya memiliki motivasi untuk mengejar dan mencapai semua tuuan ini.
5.      Katagorikan impian anda
Sekarang persempit lagi daftar untuk menemukan tujuan sejati, bukan hanya keinginan atau sebuah angan anda. Pada titik ini anda perlu mengkatagorikan tujuan ke dalam berbagai golongan, tergantung dari seberapa lama waktu yang anda butuhkan untuk mencapainya. Anda akan memiliki tujuan jangka panjang yang membutuhkan waktu lama dari dua tahun guna mencapainya, tujuan jangka pendek yang butuh waktu sebulan atau lebih untuk meraihnya, dan tujuan yang bisa tercapai sewaktu-waktu dari jangka waktu sebulan hingga setahun. Tapi ingat anda harus punya tujuan besar, dan pastikan memiliki sebuah tujuan dalam setiap katagori sehingga dapat secara terus menerus berupaya meraih tujuan tersebut dalam kehidupan anda.
6.      Rencanakan bagai mana cara meraihnya
Setelah anda membangun tujuan anda, kini anda perlu membuat rencana bagaimana akan mencapainya. Anda harus selalu berusaha mewujudkan tujuan anda, bahkan jika itu hanya butuh sebuah langkah kecil untuk mencapainya. Pastikan tidak berlebihan dalam mengupayakan dan mewujudkannya. Sesekali dibutuhkan manajemen dan motivasi sebagai rencana anda dan untuk melengkapi tugas ini, tapi itu pasti akan jadi usaha yang berharga. Buat grafik pencapain untuk membantu anda mencapai tujuan dan saat anda sudah mencapainya beri tanda dalam grafik tersebut. Kelihatannya begitu mudah untuk melaksanakan semua tips di atas, tapi yang terpenting dari segalanya hanya tindakan yang akan membawa hasil buat kita.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer